Motivational Blog, Music, and My Art

Tugas : Teori Ekonomi 2
Dosen : Dr.Prihantoro

Sebelum membicarakan tentang marjinal utilitas, ada baiknya jika kita mengetahui pengertian dari marjinal dan utilitas itu sendiri. Pada kenyataanya, kata marjinal merujuk pada perubahan kecil yang dimulai dari tingkatan-tingkatan tertentu, sedangkan utilitas berarti manfaat.

Dengan demikian, marjinal utilitas adalah bertambahnya tingkat kepuasan akibat penambahan barang yang dikonsumsi. Penambahan kepuasan ini didapat seorang konsumer ketika mereka mendapatkan manfaat tambahan dari barang dan jasa tambahan yang dikonsumsi atau digunakan.

Selain itu, marginal utilitas juga sangat berhubungan dengan salah satu hukum di dalam dunia ekonomi, yaitu The Law of Diminishing Marginal Utility.

The Law of Diminishing Marginal Utility

Adalah hukum yang menyatakan bahwa untuk setiap penambahan barang yang dikonsumsi atau digunakan, maka tingkat kepuasan seseorang akan terus bertambah hingga mencapai titik kepuasan maksimal, dan kemudian menurun jika tingkat konsumsi tersebut terus ditambah.

Contoh : Saat merasa haus, Andi meminum 1 gelas air dan mendapatkan tingkat kepuasan 5. Lalu, Andi meminum 1 gelas air tambahan dan tingkat kepuasannya bertambah menjadi 10. Selanjutnya, walaupun sudah tidak haus, Andi kembali meminum gelas air yang ketiga. Saat Andi meminum gelas ketiga tersebut,  tingkat kepuasan Andi tidak lagi bertambah melainkan berkurang menjadi 8. Hal ini terjadi karena Andi sudah tidak lagi haus, dan saat itu juga nilai manfaat air bagi Andi sudah menurun. Jika Andi terus meminum air, maka tingkat kepuasan Andi akan semakin menurun, bahkan dapat menjadi negatif.

Berdasarkan contoh di atas, kita bisa menggambarkan sebuah kurva yang akan membentuk sebagai berikut.

Adam Smith sebagai salah satu pakar ekonomi juga menggunakan hukum The Law of Diminishing Marginal Utility untuk menunjukan kegunaan dan manfaat dari suatu barang, dengan cara membandingkan berlian dan air (diamond-water paradox). Di dalam paradoks berlian dan air, disimpulkan bahwa keberadaan air sangatlah penting, tetapi karena air tersedia begitu berlimpah, maka nilai marginal utilitas air menjadi lebih rendah daripada berlian yang persediannya lebih sedikit. Hal ini mengakibatkan kebanyakan orang rela membayar harga lebih mahal untuk berlian daripada segelas air. Walaupun demikian keadaan ini mungkin dapat berubah sesuai dengan keadaan yang ada.

Pada akhirnya, law of diminishing return dapat diterapkan pada semua barang dan jasa, termasuk uang. Hal ini membuat hukum ini dapat berpengaruh terhadap ekonomi seperti inflasi.

Sumber-sumber dan referensi
http://prospekdinar.blogspot.com/2011/08/law-of-diminishing-marginal-utility.html

http://faizulmubarak.wordpress.com/2009/11/04/teori-ekonomi-mikro-pengertian-dasar/

http://en.wikipedia.org/wiki/Marginal_utility

http://en.wikipedia.org/wiki/Paradox_of_value

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: