Universitas Gunadarma

Sejarah Universitas Gunadarma

                Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia.  Bahkan, mendapatkan peringkat 5 besar.  Gunadarma juga telah banyak menorehkan berbagai macam prestasi di Indonesia, bahkan juga dalam skal internasional.  Namun apakah kita tahu bagaimana sejarah universitas ini? ya, pada tanggal 7 Agustus 1981, sejumlah pendidik yang menyadari betapa pentingnya komputer di dalam era pendidikan yang baru membentuk Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK), yang merupakan cikal bakal dari Universitas Gunadarma.

                Setelah PPIK terbentuk, PPIK ini terus berkembang sehingga PPIK semakin berkembang, dan namanya berubah menjadi ASKI (Akademi Sains dan Komputer Indonesia). Maka, segera setelah itu ASKI membangkitkan sesuatu di dalam dunia pendidikan dalam bentuk pendidikan ilmu komputer dan matematika.

                Pada tanggal 21 Juni 1984,  tempat pendidikan ini semakin memantapkan diri, dan menjadi sekolah tinggi yang bernama Gunadarma.  Kemudian sekolah tinggi ni terus berkembang, dan berkembang. Gunadarma mengalami banyak sekali kemajuan sehinggapada tanggal 10 Juli 1984 melalui Surat Keputusan Yayasan pendidikan Gunadarma, nama Gunadarma dikukuhkan menjadi STKG (Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma).

                Setelah menjadi STKG, perkembangan ini terus berlangsung di berbagai dimensi. Dimensi perubahan pertama yang dialami terjadi tanggal 5 Oktober 1985, pada hari itu sekolah tinggi Gunadarma dinyatakan berstatus terdaftar dengan nama baru, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma).

                Setelah itu perkembangan STMIK Gunadarma ke tahap yang lebih tinggi terus terjadi. Pada tanggal 13 Januari 1987 STMIK mengadakan sidang sarjana yang pertama, dan pada tanggal 24 Januari 1987, STMIK mengadakan Wisuda Sarjana yang pertama.  Sidang ini terus menerus kembali diadakan, dan  akhirnya wisuda yang diadakan menjadi bertambah banyak seiring berjalannya waktu, bahkan dari setahun sekali menjadi setahun dua kali.

                Gunadarma juga mengembangkan berbagai macam Program Pendidikan, STMIK Gunadarma melengkapi Program s2 di bidang Manajemen sistem Informasi pada tanggal 10 Mei 1993. Selain di bidang komputer, Gunadarma juga melangkah ke bidang lain yaitu ekonomi. Gunadarma membuka STIE Gunadarma pada tanggal 13 Januari 1990.

                STMIK, dan STIE Gunadarma kemudian statusnya terus berkembang, dan akhirnya mendapat status disamakan. Gunadarma terus memperbaiki diri, dan menambah fasilitas. Menambah dosen, sarana laboratorium, dan berbagai macam hal lainnya. Gedung-gedung kampus Gunadarmapun bertambah seiring waktu, dan semakin banyak.

                Karena perkembangannya yang luar biasa, Melalui surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan tinggi No.92/KEP/ DIKTI/1996, Gunadarmapun menjadi sebuah Universitas. Gunadarmapun memiliki banyak fakultas.

                Tanggal 17 November 197, BAN menyatakan bahwa lima program studi berjenjang strata satu memiliki status terakreditasi A. Program studinya adalah Akuntansi, Manajemen, Teknik Informatika,Teknik Komputer, dan Manajemen Informatika.

                Gunadarma tidak menyerah sampai disitu, sehingga saat ini Gunadarma menyandang predikat sebagai Universitas bergengsi di Indonesia, bahkan di dunia keberadaan Universitas Gunadarma cukup diperhitungkan. Kini, Rata-rata fakultas di Universitas Gunadarma telah menyandang akreditasi tingkat A, dan akan semakin berkembang hingga sekarang.

Selain sejarah Universitas Gunadarma juga memiliki visi dan Misi sebagai berikut.

 Visi

Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai ujud pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi (university social responsibility).

4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.

5. Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon pelbagai perubahan yang terjadi.

            Universitas Gunadarma juga mempunyai lambang, lambang tersebut menandakan berbagai macam sifat, dan ciri khas Gunadarma, sehingga mencerminkan nilai dan kepribadian dari universitas Gunadarma. berikut adalah penjelasan mengenai arti, dan lambang Gunadarma.

  • Tangkai Obor Berdiri Tegak :Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa
  • Cawan Obor yang Melebar dan Cekung : Adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam
  • Kobaran Api yang Kuning Keemasan : Menunjukkan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntutilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat
  • Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu : Adalah suatu bentuk geometris yang memberi ciri padailmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan
  • Bingkai Segi Lima : Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila

         Selain hal-hal yang diungkapkan diatas universitas Gunadarma juga dikenal dengan universitas yang berteknologi, sehingga semua mahasiswa, dan mahasiswi Gunadarma dapat memanfaastkan teknologi dengan baik.

       Gunadarma juga memiliki situs wartawarga dimana setiap mahasiswa dapat menulis, dan mengembangkan tulisannya di dalam sana, mereka juga dapat mencari berbagai informasi yang tersedia disana. Gunadarma juga didukung dengan banyak sekali website pembantu yang mutakhir sehingga memudahkan mahasiswa-mahasiswinya. Salah satu website yang dimilikinya adalah studentsite yang beralamat di www.studentsite.gunadarma.ac.id

    Website studentsite adalah website yang membantu kinerja mahasiswa Gunadarma. Website ini memberikan berbagai fasilitas seperti kalender akademik, informasi-informasi terbaru, seminar, dan banyak hal lainnya. Website ini memberikan kemudahan bagi mahasiswa di dalam proses perkuliahan.

     Selain hal-hal yang diungkapkan diatas, Gunadarma masih memiliki banyak layanan lainnya, dan masih banyak tentang universitas Gunadarma yang menarik. Jika anda masih penasaran silakan membuka alamat link berikut, maka anda akan menemukan berbagai macam hal tentang Universitas Gunadarma.

www.gunadarma.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s