Frame Work Marketing Modern

Pendahuluan

Latar Belakang

Di dalam pemasaran, setiap perusahaan pasti memiliki cara-cara agar mencapai suatu target. Untuk mencapai target tersebut, sangatlah baik jika kita menerapkan frame work marketing modern agar para konsumen mencapai kepuasan yang maksimal.

Tujuan

Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah dasar pemasaran, disamping itu penulis ingin memberikan pemahaman bagi pembaca agar memahami penerapan frame work marketing modern di dalam pemasaran itu sendiri.

Ruang Lingkup Materi

Makalah ini berisi tentang cara-cara yang tepat yang dilakukan di dalam bidang pemasaran. Kedua hal tersebut tersebut melibatkan ilmu-ilmu yang ada, terutama dalam bidang ekonomi, dan manajemen,sehingga hal ini bersifat penting dalam bidang-bidang tersebut.

Isi

Di dalam pemasaran, terdapat framework dari marketing modern. Frame work marketing modern ini membantu kita agar mendapatkan target di dalam pasar, dan memperlancar proses pemasaran. Berikut adalah contoh penerapannya.

Jenis Produk : Majalah Bobo

Strategy (How to Win The Market)

  • Segmentasi : Berdasarkan segmentasinya, target utama dari majalah bobo adalah anak-anak yang berumur 5-12 tahun. Jika dilihat berdasarkan kelas ekonominya, maka target utama pasar majalah bobo adalah AB (menengah ke atas)
  • Targeting : Karena targetnya adalah anak-anak sekolah dasar, maka tempat pemasaran sesuai adalah toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan beberapa pedagang majalah kaki lima.
  • Positioning : Majalah bobo selalu memposisikan dirinya sebagai majalah anak-anak, hal tersebut dapat dilihat dari isi majalah, cover, dan bacaan-bacaan lainnya, sehingga tujuan, dan target majalah bobo dapat tercapai.

Tactic (How to Penetrate The Market)

  • Selling : Penjualan majalah bobo dilakukan berdasarkan marketing mix, dan diferensiasi yang ada. Pendistribusian dilakukan, dan penjualan majalah bobo mencakup ke pedagang-pedagang kaki lima, maupunke toko-toko buku.
  • Marketing Mix

1.     Product : Produk majalah bobo didesain semenarik mungkin  yang menarik anal-anak agar membelinya. Isi majalah bobo juga mencerminkan sesuatu yang menghibur, terutama bagi anak-anak.

2.     Price : Harga majalah bobo Rp 9.000,00. Harga tersebut termasuk harga yang sedang (tidak mahal ataupun murah) sehingga semua kalangan menengah keatas dapat membelinya.

3.     Place : Majalah bobo dijual di berbagai tempat, dari toko buku sampai ke pedagang-pedagang kaki lima, sehingga ruang lingkup pemasaran majalah bobo cukup luas.

4.     Promotion : Majalah bobo melakukan promosi melalui iklan di TV, buku-buku atau majalah lain, majalah bobo sendiri sehingga cakupan promosi dalam majalah bobo terbilang luas, dan dapat mempengaruhi para konsumen majalah bobo.

  • Deferensiasi : Perbedaan majalah bobo dengan majalah lainnya adalah majalah bobo memberikan hiburan kepada anak-anak dengan cara menampilkan cerita yang ringan, artikel-artikel yang segar, dan tidak lupa mengangkat topic-topik yang sedang hangat di kalangan anak-anak.

Value ( How to Create emotional Touch)

  • Brand : nama “Bobo” merupakan merk, atau ciri khas yang membedakan majalah ini dengan majalah lain. Majalah ini telah lama dikenal, sehingga hampir setiap masyarakat di Indonesia pasti telah mengetahui majalah Bobo.
  • Proses : Proses yang dilakukan dalam memmbuat sentuhan emosional kepada para konsumen adalah dengan memberikan keunggulan-keunggulan daripada majalah bobo itu sendiri.
  • Service : Servis yang dilakukan oleh majalah bobo kepada konsumen meliputi berbagai hal, seperti menerima kritik, dan saran pembaca, memberikan bonus-bonus yang menarik, serta pendistribusian, dan penjualan yang luas sehingga konsumen mudah mendapat kan produk tersebut.

 

Penutup

Kesimpulan

Dari hal yang telah diungkapkan diatas, maka kita dapat menyimpulkan, bahwa manfaat  dari frame work marketing modern adalah membantu kita dalam memenangkan pasar, mempenetrasi pasarm dan membuat sentuhan emosional ke dalam suatu pasar sehingga memperlancar proses pemasaran itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s