Klasifikasi Produk

Klasifikasi Produk Alat Musik Yamaha

  1. Pengelompokan produk
  • Kegunaan : Produk alat musik Yamaha berguna untuk memberikan kepuasan kepada para musisi yang professional, ataupun hanya sekedar hobi melalui suara-suara yang bening, dan berkualitas yang dihasilkan oleh alat musik tersebut.
  • Penempatan : Alat-alat musik ini biasanya ditempatkan di dalam toko-toko musik di Indonesia, seperti MG, dll.
  1. Merk

Merk yang digunakan oleh perusahaan Yamaha adalah merk keluarga, karena seluruh produk alat musik yang diproduksi memiliki brand name yang sama, yaitu “Yamaha”. Merk Yamaha juga meruoakan merk nasional nama dari merk ini telah dikenal dimana-mana, dan secara menyeluruh.

  1. Product Life Cycle (PLC)

Berdasarkan keadaan saat ini produk Yamaha sedang mencaai tahap kematangan didalam siklus kehidupan produk. Hal ini dapat dibuktikan karena beberapa faktor, seperti penjualan dan laba yang dihasilkan cukup tinggi, telah memiliki beberapa pelanggan setia untuk mengkonsumsi, atau membeli produknya, serta meiliki para pesaing yang cenderung stabil.

 

Selain itu, jika kita lihat dengan seksama, Alat musik Yamaha merupakan Shopping Product, karena untuk membeli produk ini, dibutuhkan dibutuhkan usaha dan perbandingan terlebih dahulu. Produk alat music ini kemudian diklasifikasikan lagi menjadi homogeneous product, karena  produk-produk konsumen yang relative seragam kemampuannya dalam usaha memenuhi kebutuhan konsumen.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s