Sistem Operasi Komputer

 

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak komputer yang bertugas melakukan kontrol, manajemen perangkat keras, dan juga operasi-operasi dasar sistem, serta menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang digunakan, sehingga aplikasi-aplikasi yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar, dan memudahkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia.

 

Jenis-jenis Sistem Operasi

Saat ini sistem operasi komputer memiliki jenis yang beraneka ragam. Masing-masing sistem operasi memiliki kekurangan, dan kelebihannya sendiri. Berikut adalah jenis-jenis system operasi:

  • Microsoft Windows
  • Unix
  • Linux
  • Macintosh
  • MS-Dos
  • POSIX
  • Dll.

 

Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah salah satu sistem operasi komputer yang paling populer saat ini. sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface). Windows pertama kali dikenalkan pada tanggal 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985. Saat ini hampir seluruh masyarakat dunia mengetahui sistem operasi windows, dan menggunakannya karena pengoperasia sistem operasi windows tidaklah sulit. Sistem operasi ini sendiri telah berkembang, dan semakin hari semakin memudahkan para penggunanya untuk mengoperasikan komputer. Versi terakhir dari windows adalah windows 7. kini perusahaan Microsoft terus mengembangkannya, dan berencana meluncurkan Windows 8 pada tahun 2011 – 2012. Karena hal-hal yang dijabarkan diatas Windows menjadi system operasi yang terkenal, dan diminati oleh seluruh masyarakat dunia.

 

DOS (Disk Operating Sistem)

DOS (Disk Operating Sistem) adalah suatu sistem operasi komputer yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks (text-mode user interface), dan digunakan di dalam komputer pribadi. Saat ini istilah DOS telah menjadi istilah bagi setiap system operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan. DOS sendiri  memiliki beberapa kelas. Kelas-kelas tersebut adalah sebagai berikut.

DOS  dioperasikan dengan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar  di dalam DOS kita juga dapat menggunakan berbagai perintah-perintah seperti ping, ipconfig, attrib,dll.

Sistem operasi ini  bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).

LINUX

Linux adalah sistem operasi komputer yang diberikan kepada komputer bertipe unix. Linux merupakan perkembangan dari perangkat lunak bebas, dan sumber terbuka utama.  Sistem operasi linux ini memiliki beberapa keunggulan disbanding system operasi lainnya, sehingga Linux didukung oleh beberapa perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hawlet-Packard, IBM, dll.

Salah satu keunggulan linux disbanding system operasi komputer lainnya adalah tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Linux juga memiliki perangkat-perangkat pendukung, seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.

 

MACINTOSH

Macintosh adalah salah satu jenis sistem operasi yang dikenal oleh masyarakat saat ini. Sistem operasi ini disingkat Mac, dan diproduksi oleh Apple. Komputer yang memiliki system operasi macintosh disebut juga macbook. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Selain itu Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI).

 

MS-DOS

MS-DOS adalah salah satu system operasi yang dibuat Microsoft. MS-DOS merupakan singkatan dari Microsoft Disk Operating System,. System operasi ini adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC . Sistem ini diluncurkan berkali-kali sampai akhirnya tidak dikeluarkan lagi, dan digantikan dengan windows. Sistem operasi ini juga merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan Microsoft..

 

UNIX

Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), Sistem operasi ini dirancang sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. UNIX juga merupakan jenis komputer dimana sistem operasi komputer linux digunakan

POSIX

POSIX, singkatan dari Portable Operating System Interface for UNIX, adalah sebuah standar yang dicetuskan oleh Institute of Electical and Electronics Engineers (IEEE) yang mendefinisikan sekumpulan layanan dalam sistem operasi. Sistem operasi ini merupakan basis dari system operasi linux. Sistem operasi ini  menggunakan perintah-perintah yang dapat dimasukan ke dalam command-line.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s