Tingkat Kematian Bayi di Indonesia

Kematian bayi adalah kematian yang terjadi antara saat setelah bayi  lahir sampai bayi belum berusia  tepat satu tahun. Banyak faktor yang dikaitkan dengan kematian bayi. Secara garis besar, dari sisi penyebabnya, kematian bayi ada dua macam yaitu endogen dan eksogen.

Kematian bayi endogen atau yang umum disebut dengan kematian neonatal; adalah kematian bayi yang terjadi pada bulan pertama setelah dilahirkan, dan umumnya disebabkan oleh faktor-faktor yang dibawa anak sejak lahir, yang diperoleh dari orang tuanya pada saat konsepsi atau didapat selama kehamilan.

Kematian bayi eksogen atau kematian post neo-natal, adalah kematian bayi yang terjadi setelah usia satu bulan sampai menjelang usia satu tahun yang disebabkan oleh faktor-faktor yang bertalian dengan pengaruh lingkungan luar.

Selain itu, untuk mengukur berbagai ukuran angka kematian anak digunakan berbagai ukuran angka sebagai berikut :

  • Kematian neonatum : Peluang untuk meniggal dalam bulan pertama setelah lahir.
  • Kematian post-neonatum : Peluang untuk meninggal setelah bulan pertama tetapi sebelum umur tepat satu tahun.
  • Kematian bayi : Peluang untuk meninggal antara kelahiran dan sebelum mencapai umur tepat satu tahun.
  • Kematian anak : Peluang untuk meninggal antara umur satu tahun  dan sebelum tepat umur lima tahun.
  • Kematian balita : Peluang untuk meninggal antara kelahiran dan sebelum umur tepat lima tahun.
  • Kematian perinatal : Jumlah bayi yang lahir mati dan bayi yang meninggal sebelum tepat berumur satu minggu dibagi dengan jumlah kehamilan umur kandungan 7 bulan atau lebih.

Akan tetapi, jika kita lihat data yang ada dari tahun ke tahun, kita dapat menyimpulkan bahwa tingkat kematian bayi semakin menurun. berikut adalah data yang saya dapatkan dari BPS. Tahun 1985-1994 (SDKI 1994) total tingkat kematian bayi mencapai 66 ribu pertahun, periode 1988-1997 (SDKI 1997) mencapai 52 ribu, dan periode  1988-1997 (SDKI 2002-2003)  adalah 43 ribu. tetapi pada periode 1998-2007 (SDKI 2007) menurun menjadi 39 ribu saja. walaupun tingkat kematian ini masih bisa dibilang tinggi, tetapi sudah berangsur turun. Pemerintah juga sepertinya telah berusaha untuk menekan tingkat kamatian bayi dari tahun ke tahun, seperti mengadakan program KB (keluarga berencana)

Sebagai warga Indonesia, kita semua sangat berharap bahwa kematian bayi dapat menurun karena hal ini akan membawa banyak dampak positif bagi Indonesia. Semoga saja, tingkat kematian ini akan terus membaik dari waktu ke waktu.

Sumber

http://www.datastatistik-indonesia.com/content/view/420/420/

Data Survei ke BPS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s