Kelangkaan Sumber Daya dan Pengelolaannya di dalam Ilmu Ekonomi (Tugas Teori Ekonomi)

Dosen : Dr.Prihantoro
Blog     : http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/prihantoro/

Di dunia ini, Tuhan telah menciptakan sumber daya yang luar biasa, dan memberikan banyak berkat bagi manusia. Tetapi saat ini, kebutuhan kita sebagai manusia menjadi sangat banyak dan tidak terbatas, sedangkan sumber daya yang ada sangatlah terbatas. Maka kemudian, terjadilah suatu masalah ekonomi yang disebut kelangkaan.

Perlu diketahui, barang yang bersifat langka hanyalah barang yang terbatas atau barang ekonomi, untuk mendapatkan barang ekonomi ini seseorang harus melakukan pengorbanan. Jenis barang lainnya adalah barang bebas. Barang bebas tersedia dalam jumlah melimpah dan tidak memerlukan pengorbanan untuk memerolehnya, maka barang bebas tidaklah langka.

Karena adanya kelangkaan tersebut, manusia harus membuat pilihan-pilihan. Mereka harus memilih hal-hal yang lebih baik dan mengorbankan beberapa hal.  Kemudian, mereka bisa menentukan sesuatu berdasarkan opportunity costnya dan mencapai pemenuhan kebutuhan yang mereka harapkan. Akhirnya, cara-cara memilih inilah yang akan kita pelajari di dalam ilmu ekonomi.

Ilmu ekonomi mengatur dan memberikan pedoman bagi siapa saja untuk mengalokasikan sumber daya yang langka, dan memaksimalkan sumber daya tersebut. Pengelolaan yang dilakukan juga memberikan peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan perekonomian, seperti produksi, konsumsi, dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s