Pergeseran Kurva Penawaran (Change in Supply)

Tugas : Teori Ekonomi 1 (Change in Supply (shirt))
Dosen : Dr.Prihantoro

Menurut hukum penawaran, saat harga meningkat, penawaran juga akan meningkat. Sebaliknya, saat harga turun, penawaran juga akan menurun. Tetapi, pada kenyataannya, hukum tersebut tidak selalu berlaku. Jika kita mengamati perekonomian sehari-hari, kita akan menemukan saat-saat dimana jumlah kuantitas penawaran meningkat atau menurun, tetapi tingkat harga tetap. Jadi, jika digambarkan ke dalam kurva penawaran, kita hanya akan melihat kurva bergerak ke kiri atau ke kanan, bukan ke atas atau ke bawah.

1. Biaya sumber daya
2. Teknologi produksi
3. Harga lain
4. Ekspektasi penjual
5. Jumlah penjual

Untuk lebih jelasnya, saya akan menggunakan produk baju sebagai contoh. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan kurva bergerak ke kanan (penawaran meningkat)

1.  jika harga kain, dan gaji pegawai menurun, produsen akan memproduksi lebih banyak baju dan secara otomatis jumlah penawaran akan meningkat.

2. Hal kedua adalah teknologi, saat produsen mengganti mesin yang digunakan untuk memproduksi baju (mesin jahit, dll) dengan yang lebih canggih, maka produsen bisa memproduksi lebih banyak baju dengan biaya yang sama. Hal ini juga akan meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan. Akhirnya, penawaran bajupun meningkat.

3. Harga barang komplementer (barang pelengkap). Saat orang membeli baju, ada kemungkinan bahwa konsumen tersebut juga akan membeli celana atau rok. Ketika harga celana dan rok naik, produsen akan menjual lebih banyak baju agar penjualan celana dan rok meningkat. Hal tersebut meningkatkan penawaran baju kepada konsumen.

4. Karena trend di dunia fashion terus berubah, produsenpun ikut memprediksi harga dan mengatur jumlah penawarannya. Saat trend musik jazz terjadi, seorang produsen kaos yang memproduksi kaos musik akan menjual dan memproduksi lebih banyak, sebab, itu adalah peluang dan mereka telah memprediksi bahwa trend tersebut akan segera berganti. Maka penawaran kaos jazz akan meningkat.

5. Yang terakhir adalah jumlah produsen. Jumlah produsen yang banyak tentu akan meningkatkan jumlah penawaran suatu barang.

Sebaliknya, hal-hal berikut akan membuat jumlah penawaran turun.


1. Saat biaya sumber daya seperti gaji pegawai, modal bahan baku (kain), dan lainnya meningkat, maka biaya produksi bajupun akan ikut meningkat. Kemudian, saat biaya produksi baju meningkat, produsen hanya bisa memproduksi lebih sedikit baju dibandingkan biasanya dan jumlah penawaranpun akan berkurang (kurva bergeser ke kiri).

2. Penawaran baju juga bisa berkurang karena perubahan teknologi. Contohnya, saat perusahaan mengganti mesin jahit menjadi lebih modern, para pegawai ternyata tidak bisa menyesuaikan diri dengan mesin jahit canggih tersebut. Akibatnya, jumlah produksi akan berkurang dan menyebabkan jumlah penawaran juga menjadi berkurang.

3. Di dalam dunia fashion, perubahan mode selalu terjadi. Misalnya, model baju berompi, tank top, skinny jeans dan terus berubah hingga saat ini. Jika melihat ke dalam trend saat ini, produsen baju bisa memutuskan jumlah produksi baju. misalnya, seorang produsen baju memperkirakan bahwa model baju berompi akan menjadi trend di masa depan. Kemudian, produsen baju tersebut akan mengurangi produksi baju saat ini dan memproduksi lebih banyak di depan. Hal ini otomatis akan mengurangi penawaran baju berompi. (Ekspektasi penjual)

4. Sama seperti ketika terjadi peningkatan penawaran, jumlah produsen juga bisa berpengaruh terhadap berkurangnya penawaran. Jika produsen suatu  produk sedikit, otomatis jumlah penawarannya pun akan berkurang. (Jumlah penjual)

Semoga bermanfaat!

referensi : http://www.amosweb.com/cgi-bin/awb_nav.pl?s=wpd&c=dsp&k=supply+determinants

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s