Membangun Kebiasaan Membaca

Awalnya, saya pribadi bukanlah seseorang yang suka membaca. Saya masih ingat beberapa tahun yang lalu, kakak saya memberikan suatu novel yang berjudul virgin untuk saya baca.

Kira-kira apa yang terjadi?🙂

Ternyata, saya sama sekali tidak mampu untuk membacanya. Pada halaman pertama, saya mulai bosan. Lalu, saat lembar kedua, ketiga, dan keempat saya baca, saya mulai mengantuk. Akhirnya, pada lembar kesepuluh, saya benar-benar tertidur dan buku tersebut juga tidak pernah saya baca lagi.

Beberapa tahun kemudian, saya benar-benar tidak memiliki koleksi buku apapun. Sampai suatu hari, saya mengikuti seminar motivasi yang diberikan oleh SMA saya untuk persiapan ujian nasional. Saya tidak tahu mengapa, tetapi saat itu saya benar-benar terinspirasi. Maka tidak lama setelah itu, sayapun membeli sebuah buku yang berjudul let the little dream keep burning dan mulai membacanya.

Berbeda dengan sebelumnya, ketika saya membaca, saya merasa begitu bersemangat. Ketika saya terus membaca, saya menjadi tidak dapat menghentikannya. Akhirnya, buku itupun saya lahap sampai habis hanya dalam waktu kurang dari 2 hari. Lebih hebat lagi, buku itu memberikan saya semangat dan inspirasi yang begitu melimpah. Setelah kejadian itu, saya sadar bahwa saya telah menemukan passion saya, buku favorit saya. Sayapun mencoba membeli buku-buku psikologi dan motivasi lainnya dan terus membaca buku demi buku. Kemudian, tanpa saya sadari, hal itu menjadi kebiasaan dan saya masih terus membaca buku hingga hari ini.

buku saya🙂

Berdasarkan pengalaman saya, cara untuk membangun kebiasaan membaca sesungguhnya sangatlah mudah yaitu, bacalah hal-hal yang kita sukai dan lakukanlah pengulangan hingga membentuk suatu kebiasaan. Sederhana bukan? Jika Anda suka dengan akuntansi, bacalah buku akuntansi. Jika anda suka dengan komputer, maka bacalah buku yang berhubungan dengan komputer. Jika anda suka baca komik, maka bacalah komik tersebut. Sebagai catatan, apapun yang kita baca, pastikanlah bahwa diri kita mempelajari sesuatu dari buku yang kita baca. Anda bisa mempergunakan pertanyaan bantu 5W + 1H yang akan membantu anda menemukan hal-hal yang bisa dipelajari.

Selamat membaca, selamat belajar, dan selamat bereksplorasi dengan dunia yang lebih luas.

Semoga bermanfaat.

See You at The Top

Follow my twitter : @michael_alexx

Leave a Reply

