Pengertian dan Jenis-Jenis Bank di Indonesia

Sebelum membahas tentang pengertian bank, ada baiknya jika kita mengetahui asal-usul dari kata bank itu sendiri. Kata bamk berasal dari bahasa Italia, banca, yang berarti tempat penukaran uang. Secara sederhana, bank merupakan lembaga keuangan yang berperan sebagai perantara, yang berfungsi untuk menyimpan dana masyarakat yang memiliki kelebihan dana, kemudian menyalurkannya kepada masyarakat yang kekurangan dana di suatu negara.

Di Indonesia, menurut Undang‐Undang No. 10 Tahun 1998, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Masih mengacu kepada undang-undang yang sama, kita dapat mengetahui bahwa usaha perbankan meliputi tiga kegiatan, yaitu menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa kepada bank-bank lainnya.

Ketiga kegiatan tersebut pada dasarnya memiliki suatu tujuan, yang menurut UU No. 7 tahun 1992, adalah untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka peningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional kearah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak.

Selanjutnya, kita perlu mengetahui apa saja jenis-jenis bank yang ada di Indonesia. Jenis-jenis bank tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bank Umum

menurut Undang-Undang No. 10 tahun 1998 , Bank Umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. berikut adalah beberapa tugas bank umum.

  • Menerima kredit dari masyarakat
  • Memberi kredit dari masyarakat
  • Perantara lalu lintas moneter

2. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Berdasarkan undang-undang, Landasan Hukum BPR adalah UU No.7/1992 tentang Perbankan sebagaimana telah diubah dengan UU No.10/1998. Dalam UU tersebut secara tegas disebutkan bahwa BPR adalah Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Berikut adalah beberapa tugas BPR

  • Menerima dana dari masyarakat dalam bentuk tabugan dan deposito berjangka.
  • Memberikan kredit.
  • Menyediakan pembiayaan bagi nasabah.
  • Menempatkan dananya dalam bentuk SBI, sertifikat deposito, dan atau pada bank lain.

Walaupun demikian, kita juga mengenal suatu bank yang memiliki tugas untuk menjaga mengatur dan mengawasi kegiatan-kegiatan bank umum di suatu negara, yaitu bank sentral.  Di Indonesia, bank yang berperan sebagai bank sentral adalah Bank Indonesia. Bank sentral juga bertanggung jawab atas kebijakan moneter  yang diterapkan di wilayah negara tersebut, dan merupakan satu-satunya bank yang berhak mencetak uang bagi negara tersebut.

Berikut adalah beberapa tugas Bank Indonesia

  • Menjaga kestabilan nilai rupiah
  • Mengatur dan menjaga kelancaran lalu lintas sistem pembayaran
  • Mengawasi kegiatan bank umum
  • Lembaga pinjaman terakhir
  • Bank bagi pemerintah

Sebagai catatan, di dalam setiap negara pasti terdapat banyak bank, untuk itu pemerintah suatu negara menciptakan suatu bank, yang disebut bank sentral, untuk mengatur dan mengawasi kegiatan bank umum tersebut. Di indonesia, bank yang berperan sebagai bank sentral adalah bank indonesia.

Referensi

http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/9846E785-596D-48F0-8B87-2802A4A3789B/914/PerkembanganSejarahBPR.pdf

http://www.bnn.go.id/portal/_uploads/perundangan/2006/08/25/perbankan-ok.pdf

http://id.wikipedia.org/wiki/Bank_sentral

http://id.wikipedia.org/wiki/Bank

Buku detik-detik ujian nasional ekonomi tahun 2009

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s