Sekilas Tentang Perbankan Syariah

Saat ini kita pasti mengenal atau pernah mendengar tentang bank syariah, tetapi sudahkah kita mengetahuinya lebih jauh? Untuk itu, di dalam artikel ini, marilah kita belajar tentang bank syariah.

Bank syariah adalah bank yang sistem perbankannya baik secara operasional maupun kegiatan usahanya dijalankan berdasarkan syariah. Pada dasarnya, falsafah dasar perbankan syariah mengacu kepada ajaran agama islam yang bersumber pada Al-Qur’an, Alhadist dan Al-Ijtihad.

Sebagai contoh , di perbankan syariah kita mengenal kata muamalah, yaitu ketentuan syariat yang mengatur hal hal yang berhubungan dengan tata cara hidup sesama umat manusia, seperti : jual beli, perdagangan, sewa-menyewa, pinjam-meminjam dan lain sebagainya.

Perbankan Islam ini juga berdasarkan pada aturan perundang-undangan yang mengatur mekanisme operasional dan manajemen perbankan Islam sesuai dengan yang telah ditetapkan sebagaimana bank konvensional, kecuali yang bertentangan dengan syariat Islam.

Bicara soal tujuan, perbankan syariah ternyata memiliki tujuan yang sama dengan perbankan konvensional,  yaitu agar lembaga perbankan dapat menghasilkan keuntungan dengan cara meminjamkan modal, menyimpan dana, membiayai kegiatan usaha, atau kegiatan lainnya yang sesuai.

Selain itu, perbankan syariah mengharamkan atau melarang hal-hal dibawah ini karena sangat bertentangan dengan hukum islam. Hal-hal tersebut adalah bunga, perjudian dan spekulasi yang disengaja, ketidakjelasan, dan manipulatif.

Secara singkat jika kita membandingkan perbankan syariah dan perbankan konvensional, maka kita akan mendapatkan hal-hal sebagai berikut

  1. Bank islam hanya melakukan investasi yang halal dan sesuai dengan hukum-hukum islam, sedangkan bank konvensional tidak.
  2. Prinsip yang digunakan adalah bagi hasil, jual beli, dan sewa, sedangkan bank konvensional memakai perangkat suku bunga.
  3. Perbankan islam tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga kepada falah (kebahagiaan dunia dan akhirat sesuai ajaran Islam), sedangkan bank konvensional hanya berorientasi pada profit
  4. Di perbankan islam, hubungan dengan nasabah dalam bentuk kemitraan sedangkan bank konvensional dalam bentuk kreditur-debitur.
  5. Penghimpunan dan penyaluran dana di bank syariah sesuai fatwa Dewan Pengawas Syariah, sedang bank konvensional penghimpunan dan penyaluran dana tidak diatur oleh dewan sejenis

Referensi

http://www.koperasisyariah.com/pengertian-bank-syariah/

http://id.wikipedia.org/wiki/Perbankan_syariah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s