Your Biggest Potential

Setiap orang memiliki potensi yang tidak terbatas, hanya saja seringkali mereka membatasi diri mereka sendiri. Saat ini, sebenarnya potensi kita seringkali begitu dibatasi. Jika kita bermimpi besar, kita mungkin akan ditertawakan dan dibilang tidak rasional. Kemudian, hidup kita dengan segera memiliki begitu banyak peraturan, tidak boleh ini, tidak boleh itu, dan tidak boleh apapun. Singkat cerita, lingkungan tempat kita tinggal telah membatasi diri kita dan kreativitas kita, lalu menjadi sebuah kepercayaan yang tertanam di dalam diri kita.

Berita baiknya, setiap orang masih bisa mengembangkan potensi mereka. Coba lihat Bill Gates, Warren Buffet, Brian Tracy, Donald Trump, dan siapapun yang telah sukses secara finansial dan kehidupan. Mereka tidak pernah membatasi diri mereka. Kini, Anda sudah tahu bahwa Anda punya potensi yang tidak terbatas. Pertanyaannya, bagaimana cara mengeluarkan potensi yang tidak terbatas ini?

Cara yang paling mudah adalah dengan merubah pola pikir kita, alam bawah sadar kita adalah dengan melakukan latihan-latihan mental. Berikut adalah empat kunci sederhana untuk menembuas pikiran bawah sadar Anda.

Kunci pertama: Visualisasi

Saya rasa sebagian dari Winners pasti sudah pernah mendengar tentang visualisasi. Visualisasi adalah suatu proses membayangkan, misalnya Anda membayangkan bahwa Anda sedang berkendara di sebuah mobil mewah, tinggal rumah yang besar, menjadi seorang  musisi yang ultra kaya, dan apapun. Kunci dari visualisasi sangatlah sederhana: “bayangkan”.

Visualisasi seperti sebuah film yang Anda mainkan di kepala, Anda bisa mengatur segala sesuatunya sesuka Anda karena ini sesuai dengan apa yang Anda bayangkan. Di kalangan para atlit, visualisasi juga dikenal dengan latihan mental, karena dengan melakukan visualisasi, kemajuan diri mereka menjadi relatif lebih cepat.

 

Kunci kedua: Afirmasi

Untuk menembus alam bawah sadar, Anda harus melakukan upaya-upaya dalam kondisi sadar. Dengan memasukan informasi ke dalam otak Anda, alam bawah sadar Anda akan terbentuk dan semakin maksimal.

Apakah afirmasi itu? Afirmasi adalah kata-kata atau kalimat yang POSITIF yang Anda ucapkan secara sadar. Kata-kata yang diucapkan ini harus dibuat seakan-akan kita sudah mendapatkannya, spesifik, dan akan lebih baik jika Anda menggunakan perasaan.

Contoh:
1. Saya senang sekali mengendarai Lamborghini Gallardo berwarna hitam.
2. Saya dengan tenang menjawab semua soal ujian dengan mudah.
3. Saya dengan bahagia sudah mendapatkan uang $1.000 .

Ulangilah apa yang Anda harapkan, semakin sering akan semakin baik. Maka, Anda akan semakin mudah dan cepat menuju sasaran Anda dan memprogram alam bawah sadar Anda.

Selamat berafirmasi.

Kunci ketiga: Repetisi

Kunci ketiga untuk membuka gerbang alam bawah sadar adalah dengan “repetisi”. Menurut saya, repetisi adalah sebuah kunci yang wajib karena repertisi atau pengulangan adalah ibu dari semua ilmu. Jika kita tidak mengulang sesuatu, tentu saja kita akan mudah lupa bukan?

Apa yang kita masukkan kedalam otak kita akan semakin dalam jika semakin sering kita ulang. Sebagai contoh, ketika Anda belajar mengendarai mobil, awalnya Anda akan sulit melepas kopling, mengatur gigi, gas dan rem. Tetapi setelah sekian lama dan Anda lakukan berulang-ulang, Anda akan mencapai suatu tahap dimana Anda bisa mengendarai mobil dengan baik. Bahkan kini, mungkin Anda bisa mengendarai mobil sambil makan, ganti baju, dan lain-lain bukan? J

Hal itu terjadi karena proses menyetir mobil telah tertanam di alam bawah sadar Anda. Jika Anda ingin pola pikir orang-orang yang paling bahagia, Anda harus melakukan hal-hal yang sama yang merupakan indikator kebahagiaan Anda berulang-ulang.

 

Kunci keempat: Berpura-pura

Hal terakhir untuk mendukung diri kita mencapai kesuksesan dan kebahagiaan tanpa batas adalah dengan “berpura-pura”. Apa maksudnya?  Setelah diteliti, alam bawah sadar kita tidaklah bisa membedakan kenyataan dan imajinasi.  Jika kita bertingkah seakan-akan kita sudah mendapatkan hal yang kita inginkan, maka dunia akan membantu kita mewujudkannya.

Salah seorang penulis buku best seller Chicken Soup for The Soul, Jack Canfield, pernah mengadakan sebuah pesta dengan tema “masa depan”. Para peserta di dalam pesta itu diharuskan datang dengan mengenakan pakaian sesuai dengan apa yang mereka inginkan di masa depan.

Beberapa tahun setelah itu, Jack  Canfield sedang mencari suatu berkas dan secara tidak sengaja menemukan foto pesta “masa depan” yang ia buat bersama teman-temannya dulu. Jack begitu kaget dan shock karena pekerjaan dambaan yang diharapkan oleh Jack dan teman-temannya sebagian besar sudah menjadi kenyataan.

Jadi segeralah bayangkan diri Anda. Jika Anda ingin menjadi developer, bertindaklah seakan-akan Anda sedang mengembangkan perumahan. Bertindaklah seperti yang Anda cita-citakan. Cepat atau lambat, Anda akan sadar bahwa kepura-puraan tersebut telah berubah menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s