Untuk apa kita berbuat baik?

Hari ini saya sedang sakit, tetapi seperti biasanya, setiap hari terasa begitu indah. Pagi ini walaupun saya sakit, saya tetap melakukan hal-hal yang saya sukai. Saya memulai hari dengan minum segelas susu coklat, sarapan dan kemudian mandi. Setelah itu, saya memeriksa handphone dan saya menemukan sebuah mention di twitter.

Mention ini di tweet oleh teman saya, dan isinya adalah sebuah pertanyaan yang menanyakan apa tujuan kita berbuat baik. Bagi saya pertanyaan ini terdengar  sederhana, tetapi memiliki power dan makna yang luar biasa, sehingga  secara spontan, sayapun merenungkan pertanyaan tersebut. Saya berusaha menemukan jawaban didalam diri saya sendiri dan akhirnya saya menemukannya. Dan kali ini, itulah yang ingin saya bagikan kepada teman-teman semua.

Seperti yang sebelumnya telah kita ketahui, otak kita memiliki potensi yang luar biasa. Otak akan selalu berusaha memberikan jawaban ketika kita menanyakan sesuatu. Maka dari itu, kualitas hidup kita dapat berubah drastis hanya dengan mengganti pertanyaan kita. Sama seperti kali ini, ketika saya merenungkan pertanyaan sederhana itu, sayapun menemukan beberapa jawaban sebagai berikut.

1. We do something for God’s purpose

Yang pertama adalah untuk Tuhan. Saya percaya bahwa hari ini, kita semua ada disini bukanlah suatu kebetulan semata. Bahkan saat ini, Anda membaca artikel inipun karena sebuah alasan. Berdasarkan kepercayaan tersebut, saya yakin bahwa semua yang ada di dunia ini telah diatur sedemikian rupa oleh Tuhan dengan tujuan yang baik dan indah. Demikian juga setiap perbuatan baik yang kita lakukan, semuanya dilakukan untuk Tuhan.

Sebagai contoh, kita mungkin pernah menerima perlakuan buruk dari orang lain. Kita ditolak dan kemudian dikecewakan, namun sadarkah kita bahwa sesungguhnya orang yang mengecewakan kita telah dipakai oleh Tuhan agar kita menjadi semakin kuat dan baik dari sebelumnya? Ya, dengan demikian tidak ada satupun perbuatan yang kita lakukan tanpa izinnya. Ia menggunakan kita sebagai berkat meskipun kita tidak selalu dapat memahami alasannya.

2. We Can’t Live This Life Alone

Yang kedua adalah untuk orang lain. Sekarang lihat, bayangkan dan rasakanlah bahwa Anda hidup di dunia ini sendirian, tentu tidak enak bukan? Sebagai mahluk sosial, kita ditakdirkan untuk hidup bersama orang lain. Kita selalu memiliki kekuatan yang lebih besar saat berjuang untuk orang lain. Karena alasan tersebut, salah satu tujuan kita berbuat baik adalah untuk orang lain dan kebahagiaan mereka.

3. Self-serving

Yang terakhir adalah untuk diri kita sendiri. Entah perbuatan apapun yang kita lakukan, kita selalu melayani diri kita sendiri secara sadar maupun tidak. Marilah kita sama-sama lihat beberapa pernyataan dibawah ini.

Seorang motivator suka memotivasi orang lain karena mereka senang ketika melihat orang lain berubah menjadi lebih baik.

Seorang  pengusaha yang telah mencapai time freedom dan financial freedom senang membantu dan membuat

Seorang musisi senang menciptakan lagu yang menarik

Seorang pemuka agama senang melayani Tuhan dan orang lain

Kira-kira apakah kesamaan dari empat orang diatas? Tepat sekali, jika mereka mengikuti passion mereka, apapun yang mereka lakukan pasti berujung ke kebahagiaan diri mereka sendiri. Hal ini tidaklah egois, melainkan sangat manusiawi. Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan dan kebahagiaan sendiri adalah pilihan.

Kini, saya tahu bahwa tujuan saya berbuat baik adalah untuk diri saya sendiri, orang banyak dan Tuhan. Terima kasih banyak untuk teman saya yang sudah memberikan pertanyaan yang sederhana dan luar biasa. Sebagai tambahan, saya yakin bahwa teman saya pasti tahu jawaban dari pertanyaan ini, walaupun jawaban yang ia berikan mungkin berbeda dari saya karena jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sangat relatif.

Sebagai penutup, marilah mulai hari ini, kita sebagai berkat berkomitmen untuk melakukan minimal satu perbuatan baik yang kecil maupun besar setiap harinya. Kebahagiaan akan sangat manis jika bisa dibagi-bagikan.

Demikian dari saya, pasti bermanfaat

See you at the top!

Follow me : @michael_alexx

Leave a Reply

