Tentang Janji dan Kesuksesan

Seringkali dalam hidup, kita berjanji kepada seseorang. Disaat yang sama, kita mungkin sering dijanjikan berbagai hal oleh orang lain. Permasalahannya bagaimana jika seseorang tidak menepati janjinya, atau mungkin kita yang gagal menepati janji yang telah dikatakan?

Janji adalah suatu hal yang HARUS DITEPATI apapun alasannya. Jika kita tidak yakin dapat menepatinya, jangan pernah mengatakan hal tersebut. Orang yang kecewa pada kita mungkin akan merasa marah, dan energi marah orang tersebut tidak akan menjadi berkah untuk hidup kita. Maka sederhana saja teman-teman, jadilah satu orang yang memiliki kesamaan pikiran, kata-kata dan tindakan. Hanya orang yang berintegritas yang dapat sukses dalam kehidupan.

Promise-is-a-big-word..-320x240

Lalu bagaimana jika kita yang dibohongi (atau merasa dibohongi)? Sederhana saja, ikhlaskan. Kita perlu jadi orang yang berbaik sangka. Milikilah asumsi yang baik saat orang lain tidak dapat menepati janjinya. Mungkin orang itu sedang dalam keadaan yang sulit, sehingga ia tidak dapat menepati janjinya. Asumsi dan prasangka ini mungkin belum tentu benar, namun memiliki prasangka baik demi kebahagiaan hidup jauh lebih baik daripada berasumsi buruk dan menyiksa diri sendiri bukan?

Disaat yang sama, ingatlah orang tersebut, jadikanlah pelajaran dan doakan semoga orang tersebut bisa berubah. Tidak mudah bukan? YA, sama sekali tidak mudah namun kita tidak perlu menunggu ikhlas untuk melakukan sesuatu yang baik. Lakukan saja, rasa ikhlas akan datang dengan sendirinya cepat atau lambat. Doa kita tidak hanya menjadi berkat bagi diri kita sendiri, namun juga bagi orang lain. Jadilah orang yang menepati janji, dan mampu memaafkan saat merasa dibohongi.

 

Your friend,

 

Michael

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s